Minggu, 07 Juni 2015

Berikut adalah contoh Pidato mengenai waktu


Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak Kepala . . . .

Yang saya hormati Bapak / Ibu guru . . . . 

Dan teman – teman yang saya banggakan.

Pertama – tama marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa atas kasih dan karunia-Nyalah sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan pidato saya yang berjudul “waktu”.

Hadirin yang berbahagia,

Terkadang, tanpa kita sadari kita selalu membuang – buang waktu kita untuk hal yang tidak berguna padahal waktu itu sangat berarti. Sedetik, semenit, sejama, sebulan dan setahun dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kita dan orang lain. Bahkan ada pepatah yang mengatakan waktu adalah uang.Detik demi detik begitu berharga, sehingga kita akan rugi jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

Apakah sebenarnya waktu itu ? Menurut kamus besar bahasa indonesia, waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Waktu adalah batas. Waktu adalah jangka, rentang dan masa. Masa hidup adalah jumlah waktu yang kita gunakan dalam hidup. Rentang waktu adalah jarak dimulainya dan berakhirnya usia hidup yang kita miliki. Jangka waktu adalah target-target hidup yang harus kita capai dalam hidup ini. Dalam sehari-semalam kita memiliki rentang waktu 24 jam. Dalam seminggu 7 hari, dalam bulan ada 30 hari sedangkan dalam setahun kita memiliki 356 hari.    

Orang yang mengetahui dan menyadari akan pentingnya waktu berarti memahami pula nilai hidup dan kebahagiaan. Membiarkan waktu terbuang sia-sia dengan anggapan esok masih ada waktu merupakan salah satu tanda tidak memahami pentingnya waktu, padahal ia tidak pernah datang untuk kedua kalinya atau tidak pernah terulang. Dalam pepatah Arab disebutkan ”Tidak akan kembali hari-hari yang telah lampau.”

Karena itu jangan sia-siakan waktu, manfaatkanlah segera :

1.  Waktu muda sebelum datangnya tua
2.  Waktu sehat sebelum datang sakit
3.  Waktu kaya sebelum datangnya miskin
4.  Waktu luang sebelum datangnya sempit
5.  Waktu hidup sebelum datangnya mati
     
Waktu adalah sesuatu yang paling kita inginkan, namun sesuatu yang kita gunakan paling buruk. Namun, sebagai manusia kita memang mudah mengatakan waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, penting dan tak dapat di putar kembali namun sulit untuk mengaplikasikannya. Lalu apa yang menyebabkan sulitnya mengaplikasikan teori tersebut ?
1.    Bergosip 
2.    Berdebat 
Perdebatan yang dimaksud adalah perdebatan yang tak selayaknya diperdebatkan. 
3.    Bergurau atau tertawa berlebihan. 
4.    Hura - hura 

Dengan demikian, mulailah dari sekarang berusaha menggunakan waktu sebaik mungkin. Berikut adalah  cara memanfaatkan waktu dengan benar dan baik :
1.    Rancanakan aktivitas harian dan mingguan anda.
2.    Membuat prioritas kegiatan – kegiatan yang akan kita lakukan.
3.    Berhentilah pada posisi keberhasilan atau ketika bagian pekerjaan kita telah selesai. Jangan berhenti ditengah – tengah pekerjaan kita.
4.    Kita harus memiliki komitmen tinggi untuk tidak menggunakan jam karet.

Marilah kita mamanfaatkan waktu yang tersisa di umur kita ini untuk hal – hal yang bermanfaat. Terutama kita semua yang masih dalam status pelajar ini.

Demikianlah pidato saya pada pagi hari ini. Bila ada tutur kata dan sikap yang berkenan kurang di hati hadirin, saya mohon maaf.


Sekian dan selamat pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar