Minggu, 07 Juni 2015

CONTOH PIDATO MENGENAI IMPIAN DAN CITA - CITA

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yang terhormat Bapak/Ibu guru . . . 

Dan teman – teman yang saya banggakan

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas kasih dan karuniaNyalah sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Saya juga berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan pidato saya yang berjudul “ Gapailah Cita – Citamu Bukan Sekedar Mimpi”

Hadirin Yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini saya akan memulai pidato saya dengan beberapa pertanyaan.
Apa impian dari anda semua ? cobalah jawab dalam hati kalian.
Lalu, apa cita – cita anda ?

Tentu saja anda semua berkata dalam hati anda bahwa kedua pertanyaan ini walau berbeda namun memiliki jawaban yang sama. Mungkin saja. Namun menurut saya sendiri, hal ini jelaslah berbeda. 

Impian memiliki makna yang sama dengan mimpi. Kedua kata ini, yaitu impian atau mimpi adalah sesuatu yang hanya bisa diraih dan digapai dengan tidur. Ini berarti ketika kita terbangun maka kita akan berhenti bermimpi. Jadi orang yang akan meraih mimpinya adalah orang yang bermalas – malasan dengan menghabiskan waktunya dengan tidur. Tentu saja hal ini tidak akan menghasilkan hal berguna bagi kita. Hal ini tentu saja sama dengan mengharapkan cita – cita terwujud dengan suatu miracle atau keajaiban. Lalu bagaimana dengan cita – cita ? cita  cita adalah sesuatu yang harus diraih dengan kerja keras, usaha dengan melibatkan semua potensi yang ada pada diri setiap individu.

Mungkin ada beberapa dari anda yang tidak sependapat dengan hal yang saya sampaikan. Namun, jika boleh saya berkata “ Tiap kata mempunya efek psikologis terhadap siapapun yang mendengar dan mengatakannya. Sebagai simulasi sederhana, coba anda katakan kepada teman di samping kanan anda bahwa ia “ langsing” lalu katakan pada teman samping kiri anda bahwa ia “ kurus” padahal kedua – duanya memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar. Namun kedua kata ini akan memberikan reaksi yang berbeda satu sama lain. Begitupula degan kata impian atau mimpi dengan kata cita – cita. Kata mimpi atau impian akan memberikan respon negatif bagi otak karena kata mimpi ini erat kaitannya dengan tidur yaitu melemaskan seluruh organ tubuh untuk mendapatkan kondisi rileks.  Sedangkan kata cita – cita akan menciptakan pesan kuat dan positif bagi otak, yakni pesan kerja keras untuk menggapai cita – cita itu. Untuk itu mari kita mulai mengganti istilah impian atau mimpi itu menjadi kata cita – cita.

Hadiri yang berbahagia,

Semula dari kecil kita telah dijejalkan dengan berbagai nasihat baik dari orang tua, guru, dan buku – buku untuk memiliki cita – cita setinggi mungkin. Dan tentunya hal ini berhasil. Saya yakin setiap dari individu yang ada di ruangan ini bahkan seluruh dunia ini memiliki cita – cita baik yang dapat dihitung jari maupun yang tak terhingga. Namun sayangnya, hanya sebagian yang berani untuk mengejar dan mewujudkannya sebagai tujuan hidup dan berhasil. Dan sebagian lagi menyerah dengan berbagai faktor seperti keterbatasan, rasa cemas dan takut untuk memulai segalanya, intimidasi orang lain sehingga dapat menurunkan semangat dan fokus dalam meraih cita cita, ataupun sifat malas dengan menunda – nunda pekerjaan.

Lalu apakah yang membuat sebagian orang ini dapat mewujudkan cita – citanya ? Cita – cita atau tujuan hidup dapat diraih dengan :
1.     
      1. Tidak menunda – nunda

Terkadang tanpa kita sedari kita selalu membuang – buang waktu kita untuk hal yang tidak berguna dan malah menunda pekerjaan – pekerjaan lain yang memudahkan kita dalam meraih cita – cita. Terkadang kita berkata”nanti saja, masih ada besok atau lain kali saja”. Namun secara tidak sadar kata ini akan menyebabkan proses pencapaian cita – cita kita akan tertunda. Oleh sebab itu hentikan kebiasaan buruk kita ini dan mari kita mulai untuk merancang rancangan besar untuk meraih cita – cita kita.
2.      
      2. Menjaga fokus pada cita – cita kita

Dalam hal ini jagalah fokus cita – cita kita dengan mengalokasikan waktu tertentu untuk meraih cita – cita kita atau bisa dengan menggunakan gambar atau benda untuk mengingatkan akan cita – cita kita.
3.     
     3. Dan yang terpenting adalah jagalah motivasi kita

Motivasi ibarat sebuah energi. Motivasi seperti bahan bakar dalam kendaraan. Jika tidak ada motivasi, maka anda tidak akan bergerak meraih cita – cita anda. Ingat bahwa motivasi adalah bagian terpenting dari kerja keras. Karena tanpa motivasi, tidak akan ada usaha. Maka bangkitkanlah motivasi itu baik dari keadaan, support, dan apa yang hendak dicapai. Jangan hiraukan kata – kata orang yang menertawakan ataupun merendahkanmu. Tetaplah berusaha.  
Akhir kata saya sampaikan bahwa kita harus terus berusaha, dan kita harus tanamkan dalam diri kita bahwa “beda antara bisa dan tidak bisa hanyalah lima huruf. Lima huruf yang menentukan arah hidup kita”.  

Sekian pidato saya pagi ini, bila ada tutur kata  dan tindakan yang kurang berkenaan di hati hadirin, 
saya mohon maaf.


selamat Pagi. 

4 komentar:

  1. Terima kasih. Pidato yang sangat bagus dan juga sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Pidato yang sangat bagus dan juga sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, semoga naskah pidatonya bisa membantu

      Hapus